Pages

Minggu, 16 Desember 2012

Haji

"Kaji lamun Kuoso"
Mungkin kata di atas terdengar sepele, akan tetapi jika ditelaah secara mendalam ternyata tidak mudah menjalankan ibadah terakhir dalam rukun Islam ini.

"Lamun Kuoso"
Dalam bahasa jawa yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya "Jika Mampu / Jika sudah menguasai.
Haji
Merupakan rukun Islam yang ke lima atau yang terakhir. Di belakang kata haji ditambahkan kata "Lamun Kuoso" yang menurut pemahaman penulis bahwa, jika hendak menjalankan atau menunaikan ibadah Haji hendaklah atau harus menguasai dulu ke empat Rukun Islam sebelumnya, yaitu; 1.) Syahadat, 2.) Sholat, 3.) Zakat dan 4.) Puasa.

"Kuoso"
Yang berarti menguasai atau mampu menjalankan baik secara syari'at maupun secara hakikatnya.
Padahal untuk mampu menguasai atau mampu menjalankan Rukun Islam yang pertama yaitu Syahadat saja rasanya sangat sulit sekali. Tetapi kita tidak boleh menyerah apalagi berputus asa, justru kita harus lebih giat serta selalu berusaha keras menyelaraskan antara ucapan, hati serta perbuatan agar semakin mendekatkan diri kepada Sang pencipta dengan diimbangi doa, setelah itu masalah hasil tetap atas Kekuasaan Allah S.W.T.
Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar