Manajemen Sore
A. STRATEGI
PEMIMPIN PASAR
1. Memperluas Keseluruhan Pasar
- PEMAKAI BARU. Setiap kelas produk memiliki potensi menarik pembeli yang tidak mengetahui produk itu atau yang menolaknya karena harganya atau keistimewaannya yang kurang. Produsen dapat mencari pemakai baru di antara tiga kelompok. Misalnya, pembuat parfum dapat mencoba meyakinkan wanita yang belum menggunakan parfum untuk menggunakannya (strategi penetrasi pasar), atau menyakinkan pria untuk mulai menggunakan parfum (strategi pasar baru), atau menjual parfum di negara lain (strategi ekspansi geografis)
- PENGGUNA BARU. Pasar bisa diperluas dengan menemukan dan mempromosikan penggunaan baru suatu produk. Misalnya, orang Amerika umumnya makan sereal sarapan kering tiga kali seminggu. Produsen sereal akan untung jika mereka dapat meproduksikan makan sereal di kesempatan lain selama hari itu-mungkin sebagai makanan ringan larut malam atau pergi menjelang siang.
- PENAMBAHAAN PENGGUNAAN. Strategi perluasan pasar ketiga adalah meyakinkan orang untuk menggunakan lebih banyak produk itu setiap kali penggunaan. Jika produsen sereal dapat menyakinkan orang untuk makan semangkok penuh sereal daripada setengah mangkok, total penjualan akan meningkat
2. MEMPERTAHANKAN PANGSA PASAR
Sambil berusaha memperluas pasar keseluruhan, perusahaan yang dominan harus terus memepertahankan bisnisnya saat ini terdapat serangan pesaing. Pemimpin itu seperti gajah yang diserang oleh kawasan lebah. Lebah yang tersebut dan terganas terus mendengung di sekeliling pemimpin.
B. STRATEGI PENANTANG PASAR
Perusahaan yang menempati urutan kedua dan seterusnya dapat disebut peringkat berikutnya (runner up) atau pengikut. Beberapa, seperti Colgate, Ford, Mountgomery Ward, Avis, Westinghouse dan Pepsi-Cola, cukup besar. Perusahaan peringkat berikutnya ini dapat mengambil salah satu dari dua sikap. Mereka dapat menyerang pemimpin secara agresif untuk mendapatkan pangsa pasar (penantang pasar-market follower).
1. Menentukan Sasaran dan Lawan Strategis
Seorang penantang pasar harus menentukan dulu sasaran strategisnya. Sebagian besar sasaran strategis penantang pasar adalah meningkatkan pangsa pasarnya. Keputusan untuk menyerang beriteraksi dengan keputusan siapa yang akan diserang :
• Menyerang pemimpin pasar ; Ini merupakan strategi berisiko tinggi namun berimbalan tinggi dan masuk akal bila si pemimpin adalah “pemimpin palsu” yang tidak melayani pasar dengan baik. Daerah yang perlu diamati adalah kebutuhan atau ketidakpuasan pelanggan
1. Memperluas Keseluruhan Pasar
- PEMAKAI BARU. Setiap kelas produk memiliki potensi menarik pembeli yang tidak mengetahui produk itu atau yang menolaknya karena harganya atau keistimewaannya yang kurang. Produsen dapat mencari pemakai baru di antara tiga kelompok. Misalnya, pembuat parfum dapat mencoba meyakinkan wanita yang belum menggunakan parfum untuk menggunakannya (strategi penetrasi pasar), atau menyakinkan pria untuk mulai menggunakan parfum (strategi pasar baru), atau menjual parfum di negara lain (strategi ekspansi geografis)
- PENGGUNA BARU. Pasar bisa diperluas dengan menemukan dan mempromosikan penggunaan baru suatu produk. Misalnya, orang Amerika umumnya makan sereal sarapan kering tiga kali seminggu. Produsen sereal akan untung jika mereka dapat meproduksikan makan sereal di kesempatan lain selama hari itu-mungkin sebagai makanan ringan larut malam atau pergi menjelang siang.
- PENAMBAHAAN PENGGUNAAN. Strategi perluasan pasar ketiga adalah meyakinkan orang untuk menggunakan lebih banyak produk itu setiap kali penggunaan. Jika produsen sereal dapat menyakinkan orang untuk makan semangkok penuh sereal daripada setengah mangkok, total penjualan akan meningkat
2. MEMPERTAHANKAN PANGSA PASAR
Sambil berusaha memperluas pasar keseluruhan, perusahaan yang dominan harus terus memepertahankan bisnisnya saat ini terdapat serangan pesaing. Pemimpin itu seperti gajah yang diserang oleh kawasan lebah. Lebah yang tersebut dan terganas terus mendengung di sekeliling pemimpin.
B. STRATEGI PENANTANG PASAR
Perusahaan yang menempati urutan kedua dan seterusnya dapat disebut peringkat berikutnya (runner up) atau pengikut. Beberapa, seperti Colgate, Ford, Mountgomery Ward, Avis, Westinghouse dan Pepsi-Cola, cukup besar. Perusahaan peringkat berikutnya ini dapat mengambil salah satu dari dua sikap. Mereka dapat menyerang pemimpin secara agresif untuk mendapatkan pangsa pasar (penantang pasar-market follower).
1. Menentukan Sasaran dan Lawan Strategis
Seorang penantang pasar harus menentukan dulu sasaran strategisnya. Sebagian besar sasaran strategis penantang pasar adalah meningkatkan pangsa pasarnya. Keputusan untuk menyerang beriteraksi dengan keputusan siapa yang akan diserang :
• Menyerang pemimpin pasar ; Ini merupakan strategi berisiko tinggi namun berimbalan tinggi dan masuk akal bila si pemimpin adalah “pemimpin palsu” yang tidak melayani pasar dengan baik. Daerah yang perlu diamati adalah kebutuhan atau ketidakpuasan pelanggan
• Menyerang
perusahaan seukuran yang tidak bekerja dengan baik dan kekurangan uang :
Penantang pasar dapat menyerang perusahaan yang memiliki produk tua, yang
mengenakan harga berlebihan, atau yang tidak memuaskan pelanggan.
• Menyerang perusahaan kecil lokal dan regional yang tidak bekerja dengan baik dan kekurangan uang : Beberapa perusahaan bir besar tumbuh mencapai ukuran sekarang tidak dengan mencuri pelanggaan perusahaan lain tetapi dengan memangsa perusahaan-perusahaan yang lebih kecil.
• Menyerang perusahaan kecil lokal dan regional yang tidak bekerja dengan baik dan kekurangan uang : Beberapa perusahaan bir besar tumbuh mencapai ukuran sekarang tidak dengan mencuri pelanggaan perusahaan lain tetapi dengan memangsa perusahaan-perusahaan yang lebih kecil.
C. STRATEGI PENGIKAT PASAR
v Pemalsu (counterfeite) : Pemalsu menduplikatkan produk dan kemasann pemimpin dan menjualnya di pasar gelap atau melalui penyalur yang buruk reputasinya. Perusahaan seperti Apple Computer dan Rolex diganggu oleh masalah pemalsuan, terutama di timur jauh, dan sedang mencari cara untuk mengalahkan pemalsu-pemalsu tersebut.
v Pengklon (cloner) : Pengloan mengikuti produk distribusi, iklan pemimpin, dan sebagainya. Produk dan kemasan pengkloan mirip milik pemimpin, sementara merek mungkin sedikit berbeda, seperti “Coka-cola” bukanya “Coca-cola”. Pengkloan secara parasit hidup dari investasi pemimpin pasar. Misalnya, Ralcop Holding Inc. menjual imitasi merek sereal dalam kemasan yang serupa. Tateeos, Fruite Rings, dan Corn Flakes-nya dijual lebih murah $1 sekotak daripada merek pemimpin. Dalam bisnis komputer, klon adalah kenyataan hidup. Sebagian besar pesaing IBM di pasar PC mulai dengan mengkloan PC IBM.
v Peniru (imitator) : Peniru mencontek beberapa hal dari pemimpin, namun masih mempertahankan diferensiasi dalam hal kemasan, iklan, harga dan lain-lain. Pemimpin tidak peduli dengan peniru asal peniru tidak menyerang pemimpin secara agresif. Peniru bahkan membantu pemimpin menghindari tuduhan monopoli.
v Pengadaptasi (adapter) : Pengadaptasi mengambil produk pemimpin dan mengadaptasi atau meperbaikinya. Pengadaptasi mungkin memilih untuk menjual pada pasar yang berbeda untuk menghindari konfrontasi langsung dengan pemimpin. Namun sering pengadaptasi menjadi penantang masa depan, seperti yang dilakukan banyak perusahaan jepang setelah mengadaptasi dan memperbaiki produk yang dikembangkan di tempat lain.
D. STRATEGI
PERELUNG PASAR
Alternatif dari menjadi pengikut di pasar besar adalah pemimpin di pasar kecil, atau relung pasar (niche). perusahaan kecil umumnya menghindari persaingan melawan perusahaan besar dengan mengincar pasar kecil yang tidak menarik perusahaan besar.
Alternatif dari menjadi pengikut di pasar besar adalah pemimpin di pasar kecil, atau relung pasar (niche). perusahaan kecil umumnya menghindari persaingan melawan perusahaan besar dengan mengincar pasar kecil yang tidak menarik perusahaan besar.
Posisi Bersaing
Perusahaan yang bersaing pada pasar sasaran tertentu, pada suatu waktu, berbeda dalam sasaran dan sumber dayanya. Perusahaan menempati posisi bersaing yang berbeda-beda dalam pasar sasaran. Strategi yang berdasarkan pada posisi bersaing, antara lain :
a. Strategi pemimpin pasar, yaitu perusahaan memiliki pangsa pasar yang terbesar dan biasanya memimpin perusahaan lain dalam hal perubahan harga, pengenalan produk baru, cakupan penyaluran, dan pengeluaran promosi. Strategi pemimpin pasar, antara lain; meluaskan pasar menyeluruh, melindungi pangsa pasar, dan meluaskan pangsa pasar.
b. Strategi penantang pasar, yaitu strateginya antara lain; melakukan serangan langsung menyeluruh, menyamai produk, iklan, harga, dan usaha distribusi pesaing dan membuat serangan tidak langsung pada kelemahan pesaing atau pada celah-celah cakupan pasar pesaing.
c. Strategi pengikut pasar, yaitu strateginya adalah mencari cara untuk mempertahankan pelanggan yang ada dan mendapatkan bagian yang proposional dari pelanggan baru. Perusahaan pengikut ini harus menemukan keseimbangan yang tepat antara mengikuti cukup dekat untuk memenangkan pelanggan, tetapi mengikuti cukup jauh untuk menghindari pembalasan.
d. Strategi perelung pasar, yaitu strategi utamanya adalah melakukan spesialisasi dalam pasar, pelanggan, produk, atau bauran pemasaran.
Strategi-strategi pemasaran bersaing ini, akan memberikan keunggulan-keunggulan yang akan memberikan kepuasan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen dan perusahaan siap dalam menghadapi persaingan yang tinggi di era globalisasi.
Perusahaan yang bersaing pada pasar sasaran tertentu, pada suatu waktu, berbeda dalam sasaran dan sumber dayanya. Perusahaan menempati posisi bersaing yang berbeda-beda dalam pasar sasaran. Strategi yang berdasarkan pada posisi bersaing, antara lain :
a. Strategi pemimpin pasar, yaitu perusahaan memiliki pangsa pasar yang terbesar dan biasanya memimpin perusahaan lain dalam hal perubahan harga, pengenalan produk baru, cakupan penyaluran, dan pengeluaran promosi. Strategi pemimpin pasar, antara lain; meluaskan pasar menyeluruh, melindungi pangsa pasar, dan meluaskan pangsa pasar.
b. Strategi penantang pasar, yaitu strateginya antara lain; melakukan serangan langsung menyeluruh, menyamai produk, iklan, harga, dan usaha distribusi pesaing dan membuat serangan tidak langsung pada kelemahan pesaing atau pada celah-celah cakupan pasar pesaing.
c. Strategi pengikut pasar, yaitu strateginya adalah mencari cara untuk mempertahankan pelanggan yang ada dan mendapatkan bagian yang proposional dari pelanggan baru. Perusahaan pengikut ini harus menemukan keseimbangan yang tepat antara mengikuti cukup dekat untuk memenangkan pelanggan, tetapi mengikuti cukup jauh untuk menghindari pembalasan.
d. Strategi perelung pasar, yaitu strategi utamanya adalah melakukan spesialisasi dalam pasar, pelanggan, produk, atau bauran pemasaran.
Strategi-strategi pemasaran bersaing ini, akan memberikan keunggulan-keunggulan yang akan memberikan kepuasan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen dan perusahaan siap dalam menghadapi persaingan yang tinggi di era globalisasi.
0 komentar:
Posting Komentar